Home » Tips » 20 Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana

20 Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana

Bulan penuh berkah Ramadhan datang kembali, tentunya semua umat islam menyambut gembira datangnya bulan ramadhan ini. Dalam ibadah dibulan suci ramadhan ini. Kita diwajibkan melakukan ibadah puasa dari termulai sahur hinga buka puasa tiba. Tentunya banyak yang masak sendiri dirumah dengan memilih menu buka puasa praktis dan sederhana.

Ada beberapa Menu Buka Puasa Praktis dan sederhana yang tentu bisa kamu buat sendiri dari rumah atau membelinya diluar. Tentunya dengan harga murah meriah dan ramah dikantong. Selain itu juga 20 Menu Buka puasa praktis ini mudah disiapkan. Tentunya sangat membantu kita saat sibuk dari luar tidak sempet fokus membuat masakan saat pulang kerja. Nah untuk itu berikut adalah 20 Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana.

20 Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana

1. Tahu Tempe Goreng dan Sambal Kecap

Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana
Sumber Gambar : warungikancakyu.com

Yang paling praktis dan sederhana yaitu menu buka puasa dengan tahu tempe goreng sambal kecap. Agar praktis kamu hanya perlu 1 bungkus tahu kuning dan 1/4 papan tempe. Minyak goreng, Bahan Sambal kecap ditambah 5 biji cabai rawit. Tentunya sangat cocok untuk menu buka puasa yang praktis dan sederhana ini bisa kalian coba dirumah.

2. Telur Penyet dan Sambal Terasi

Telur Penyet dan Sambal Terasi
Sumber Gambar: cookpad.com

Menu buka praktis berikutnya adalah Telur penyet dan sambal Terasi ditengah kesibukan dan waktu yang ada terbatas. Tentunya menu makanan yang satu ini bisa menjadi pilihan sobat dirumah. Karena memang memasak menu buka puasa ini tidak membutuhkan waktu yang lama, untuk menghidangkannya.

Bahan yang dibutuhkan 3 butir telur, 3 buah cabe rawit bisa lebih lebih pedas. 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok garam. Selanjutnya 1 ruas ibu jari terasi yang sudah digoreng/kukus, 1/2 butir jeruk nipis. Untuk membuat masakan telur penyet lebih enak lagi dan harum jeruk mipis. Silahkan bisa dicoba menu buka puasa praktis dan sederhana.

3. Tahu Kikil Kecap Sederhana

Tahu Kikil Kecap sederhana
Sumber Gambar: cookpad.com

Untuk membuat menu buka puasa tahu kikil kecap sederhana ini kamu bisa menyiapkan bahan-bahannya. Mulai dari 1 bungkus kikil, 5 buah tahu/secukupnya, 5 cabe rawit silahkan bisa diiris. Kemudia 1 lembar salam, 1 batang daun bawang secukupnya.

Selanjutnya siapkan minyak goreng 1/4, satu sendok teh gula, garam, penyedap secukupnya. 1/2 gelas air matang secukupunya, kecap manis kemudian untuk bumbu irisnya. 1 buah bawang merah, 1 buah bawang putih silahkan dapat kamu iris.

Cara Membuat Tumis Tahu Kikil Kecap Sederhana
  1. Step pertama siapkan bahannya, potong dulu kikil cuci kemudian direbus sampe lunak kemudian angkat dan tiriskan. Step selanjutnya tahu diiris kotak-kotak kemudian digoreng setengah matang, dan tirikan.
  2. Step selanjutnya semua bumbu iris ditumis dengan sedikit minyak goreng sampai mengeluarkan aroma harum. Jika sudah harum tambahkan daun salam.
  3. Silahkan tambahkan air, kemudian beri gula, garam, dan penyedap aduk-aduk sampai tercampur merata dan sampai mendidih. Nah selanjutnya masukan kikil dan tahu lalu aduk-aduk.
  4. Step selanjutnya tambahkan kecap dan juga cabe sampai tercampur merata silahkan bisa kamu tes rasanya.
  5. Step terakhir silahkan menambahkan potongan daun bawang kemudian kamu matikan api. Silahkan aduk-aduk lagi dan sekarang tumis tahu kikil kecap sederhana sudah dat dihidangkan dan disajikan.

4. Sayur Lodeh Sederhana

Sayur Lodeh Sederhana
Sumber Gambar : www.cookpad.com

Menu makanan yang satu ini paling mimin suka Sayur lodeh tentunya bisa menjadi menu buka praktis dan sederhana. Bahan yang disiapkan 1 buah terong, 1buah wortel, 1buah labu siam, 5 lonjor kacang panjang.

Bumbunya 2 buah bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 buah kemiri, 1 buah cabe rawit bagi yang suka pedes. 1 Sachet santan kera 65ml, 1 ruas jari lengkuas, geprek,gula sucukupnya dan minyak untuk menumis. Lengkap kali ini menu buka puasa praktis dan sederhana ini yang tentu dapat sobat siapkan walaupun tidak banyak waktu luang. Karena memang bisa disajikan dengan mudah dan praktis.

5. Sup Kacang Merah

Sup Kacang Merah
Sumber Gambar : www.cookpad.com

Menu buka puasa praktis berikutya adalah Sup Kacang merah yang tidak ribet untuk dihidangkan saat buka puasa. Bahan yang diperlukan yaitu kacang merah, worter, buncis. Bisa ditambahkan sosis dan marakaroni untuk membuat menu buka puasa yang satu ini lebih enak lagi. Tentunya menu buka puasa ini dapat kamu hidangkan dengan praktis. Jadi silahkan bisa dicoba untuk menu buka kali ini.

Bumbu yang dibutuhkan bawang putih, bawang merah, pala, merica hitam untuk bumbu tambahan kacang me, gula garam, kaldu jamur, bawang daun, daun seledri dan bawang goreng. Jadi bisa dicoba juga nih menu buka puasa yang ke-5 ini untuk dapat sobat hidangkan saat buka puasa.

6. Tumis Sayur Telur

tumis sayur telur

Menu buat nemenin buka puasa selanjutnya ada Tumis Sayur telur tentunya ini menu buka puasa praktis dan sederhana. Yang bahanya sangat mudah didapatkan seperti wortel, kembang kol, sawi hijau dan putih.

Bahan-bahan untuk membuat menu buka puasa praktis tumis sayur telur 1 pack sayur-sayuran. 1 butir telur ayam 2 siung bawang putih, 1/2-1 sendok makan saos tiram, 1/2 sendok teh kaldu jamur dan merica secukupnya. Tentunya menu buka puasa ini sangat mudah dihidangkan untuk nemani kita berbuka puasa dengan keluarga tercinta.

7. Tumis Timun

Tumis Timun
Sumber Gambar : cookpad.com

Menu praktis dan sederhana berikutnya adalah Tumis timun cocok banget nih untuk yang suka seger-seger. Enak juga apalagi kalau cuaca diluar lagi panas pas buka puasa ditemenin menu buka puas tumis timun ini.

Menu buka puasa praktis dan sederhana ini memiliki bahan yang mudah sekali didapatkan. Seperti buah timun, cabe merah, cabe ijo, cabe rawit sesuai selera kamu. Selanjutnya untuk bumbu bawang putih, bawang merah, gula, garam, kaldu bubuk dan ditambah saus tiram dan putih telur.

Untuk langkah membuat menu buka puasa praktis dan sederhana ini yang pertama potong-potong mentimun seseuai selera. Kemudian tumis abwang merah, putih dan cebe. Kemudian masukan satu sendok makan saus tiram, garam, gula dan kaldu ayam secukupnya.

Lalu masukan timun potong-potong beri sedikit ari kemudian aduk selanjutnya didihkan sebentar. Lalu masukan telur aduk hingga merata, matangkan telur sebentar dan tes rasa lalu angkat deh. Menu buka puasa praktis dan sederhana kamu siap dihidangkan. Begitu mudah bukan bisa menjadi pilihan juga nih buat nemenin makanan buka puasa kamu.

8. Sup Tahu

Sup Tahu
sumber gambar: cookpad.com

Menu buka puasa sederhana dan praktis selanjutnya ada Sup Tahu silahkan siapkan tahu kukus secukupnya. Kemudian wortel, buncis, kubis/kol secukupnya.

Lalu tambahkan kentang, 1 tangkai daun seledri untuk penyedao rasa tambahkan gula, garam, merica bubuk. Silahkan masukan semuanya bahan kedalam air mendidih.

Untuk tahu, seledri, dan kubis sampai setengah mateng tinggal masukan dan terakhir masukan penyedap rasa . Lalu bisa tes rasa kemudian masak hingga mateng dan menu buka puasa sederhana ini siap dihidangkan dan disajikan hangat.

9. Bihun Goreng Telur

Bihun Goreng Telur
sumber gambar: cookpad.com

Khusus buat kamu yang ingin masak simple dan tidak mau ribet bisa dengan menghidangkan menu buka puasa praktis ini. Bahan-bahan yang disiapkan 4 buah telur, 2 bungkus bihun jagung.

Kemudian tambahkan untuk bumbunya yaitu 2 siung bawang putih, 1/2 sendok teh biji merica, 1 buah tomat. Selanjutnya Daun bawang, Gula merah, penyedap rasa ayam dan kecap.

Langkah-lahkah Masak Bihun Goreng telur
  1. Rebus telur sampai mateng, lalu goreng menggunakan api kecil agar telur tidak mudah hancur saat dimasak bersamaan dengan bihun.
  2. Step selanjutnya rendam bihun jagung dengan air dingin hingga bihun terurai sambil menunggu telur mateng.
  3. Haluskan bawang putih dan merica secukupnya, potong tomat hingga 6 bagian dan iris daun bawang.
  4. Saat bumbu sudah siap slahkan panaskan wajan beri minyak sedikit. Selanjutnya silahkan tumis bumbu yang sudah dihaluskan lalu masukan tomat dan daun bawang.
  5. Masukan telur yang sudah direbus dan digoreng, tusuk-tusuk menggunakan garpu agar bumbu meresap. Step selanjutnya masukan bihun yang sudah direndam.
  6. Step selanjutnya setelah semua masuk, beri bumbu penyedap rasa ayam, gula merah dan kecap. Lalu aduk hingga merata sampai warna bihun menjadi gelap.
  7. Silahkan tes rasa, jika menu buka puasa praktis ini sudah enak sesuai selera masakan siap disajikan dan dihidangkan. Selamat mencoba dimenu yang ke-9 ini.

10. Sayur Asem Jawa

sayur asam jawa, Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana
sumber gambar: cookpad.com

Menu buka puasa praktis selanjutnya adalah Sayur Asam Jawa. Tentunya kamu bisa dihidangkan dengan tambahan ikan asap goreng dan tempe goreng dan sambel tomat.

Bahan-bahan untuk membuat Sayur asem, daun mlinjo secukupnya, kacang panjang secukupnya, kacang tanah, lambu siam. Selanjutnya jagung kecil secukupnya, 2 lembar salam, 1 ruas lengkuas, asam mentah sesuai selera. Kemudian gula putih secukupnya, air secukupnya dan penyedap rasa secukupnya bisa kamu siapkan bahan-bahannya.

Untuk bumbu halusnya yaitu 3 biji cabe rawit, 4 ruas bawang merah 2 ruas bawang putih, 1/2 iris tomat, 1/2 terasi ABC dan garam secukupnya. Silahkan bisa kamu siapkan juga untuk membuat menu buka puasa praktis dan sederhana ini.

Langkah-Langkah Membuat Menu Buka Praktis Sayur Asam Jawa

  1. Step pertama bahan dipotong-potong mulai dari jagung, tomat, labu siam, kacang panjang, kacang tanah. Dan silahkan cuci bersih dengan daun salam, daun mlinjo, cabe rawit, bawang merah, putih dang lengkuas yang sudah dikupas. Kemudian kamu geprek lengkuas.
  2. Step selanjutnya silahkan ulek cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi dan tambahkan garam secukupnya. Kemudian rebus air sampai mendidih, masukan labu siam, kacang panjang, kacang tanah dan jagung kecil. Silahkan gunakan api sedang.
  3. Silahkan aduk-aduk dan cek jika bahan-bahan yang sudah direbus telah agak matang atau empuk,. Silahkan tuangkan bumbu halus, asem mentah dan lengkuas hasil geprek lalu aduk hingga merata.
  4. Silahkan Tambahkan garam, penyedap rasa dan gula putih secukupnya, aduk rata dan tes rasanya. Terakhir masukan daun mlinjo dan daun slam.
  5. Silahkan aduk rata dan tunggu hingga air kembali mendidih dan seluruh bahan yang sudah dituangkan mateng. Silahkan tes rasa dan sekarang sayur Asem jawa siap untuk disajikan dan dihidangkan.

11. Pepes Tahu Jamur

Pepes Tahu Jamur
sumber gambar: cookpad.com

Buat kalian pecinta tahu, agar tidak bosan dapat mengkreasikan tahu menjadi pepes tahu jamur sebagai menu puasa. Bahan yang dibutuhkan sangat simple dan mudah didapatkan diwarung-warung sekitar kalian.

Bahan utama yang kalian perlukan untuk membuat pepes tahu jamur adalah tahu kuning dan jamur secukupnya, jenis jamurnya bebas kalian mau menggunakan jamur tiram, jamur merang, atau jamur kuping.

bahan tambahannya yaitu 1 tangkai bawang daun, 1 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, dan jangan lupa tambahkan irisan cabai bagi kalian pecinta pedas. Walaupun sederhana namun menu ini adalah salah satu menu yang disukai oleh masyarakat umum.

12. Tumis Kangkung

Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana
sumber gambar: cookpad.com

Tumis kangkung adalah salah satu menu favorit bagi masyarakat umum. Selain dari cara pembuatannya yang praktis dan sederhana, tumis kangkung juga dapat menambah selera makan anda. Kandungan gizi pada kangkung antara lain yaitu zat besi, protein, vitamin B1, A dan vitamin C.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 ikat kangkung, 1 buat tomat, 1 siung bawang merah dan putih, dan bisa menambahkan cabai merah atau cabai rawit sesuai selera anda. Waktu pembuatannyapun sangat singkat dan ini cocok untuk kalian yang sangat sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk memasak.

13. Cap Cay Bakso

Cap Cay Bakso
sumber gambar: cookpad.com

bagi kalian yang vegetarian, Cap cay bakso adalah salah satu menu yang pas karena bahan yang digunakan adalah macam-macam jenis sayur. Bahan yang digunakan untuk membuat Cap Cay Bakso antara lain yaitu  wortel, sawi, kacang buncis, jagung, jamur, brokoli, tomat, daun bawang, dan tentunya di tambahkan bakso. Untuk bumbunya kalian bisa menggunakan rempah-rempah agar terasa  lebih nikmat.

14. Telur Balado

Telur Balado Menu Buka Puasa praktis dan sederhana
sumber gambar: cookpad.com

Telur balado adalah masakan khas minang yang pasti semua orang tahu dengan menu ini. Ini adalah salah satu menu buka puasa yang praktis dan sederhana tetapi mengandung banyak gizi dan tentu rasanya nikmat.

Balado sangat identik dengan rasa pedas, karena menggunakan bumbu merah khas padang. Tapi bagi kalian yang tidak terlalu suka pedas bisa menyesuaikan tingkat kepedasannya sesuai level masing-masing.

Selain bahannya yang sederhana cara pembuatannyapun tergolong mudah. Kalian cukup kupas telur yang sudah di rebus. Untuk bumbu baladonya haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai merah.

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan daun salam dan serai lalu tambahkan sedikit air. Setelah bumbu matang masukan telur yang sudah dikupas lalu tambahkan garam, gula dan penyedap rasa. Masak sampai bumbu meresap dan sajikan untuk menu buka puasa keluarga tercinta.

15. Cucut Bakar Sambal Matah

Cucut Bakar Sambal Matah
sumber gambar: cookpad.com

Cucut bakar sambal matah, mendengar namanya saja sudah ngiler. Menu ini sangat cocok dipakai untuk menu buka puasa praktis dan sederhana. Ikan cucut dapat kalian temukan di pasaran. Bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk di dapatkan, bahan utama yang kalian butuhkan yaitu ikan cucut.

Sedangkan untuk sambal matahnya kalian hanya membutuhkan 20 cabai rawit, 10 siung bawang merah, 2 batang serai bagian dalam, 1 sdm air jeruk nipis, 2 sdm minyak goreng, kemudian garam dan gula secukupnya.

Bagaimana? Bahan-bahannya sangat praktis bukan? Anda bisa menyajikan menu ini untuk berbuka puasa. Walaupun sangat simple tapi menu ini dijamin dapat menambah selera makan keluarga anda.

16. Sayur Bayam

Sayur bayam
Sumber Gambar : www.cookpad.com

Selanjutnya menu buka puasa praktis dan sederhana adalah sayur bayam. Bayam merupakan jenis sayuran yang mengandung zat besi. Selain menyehatkan bayam juga memiliki citarasa yang enak dan nikmat.

Bahan yang dibutuhkan yaitu bayam, wortol, 1 buah tomat dan 2 siung bawang putih. Kalian juga dapat menambahkan jagung sebagai pelengkap. Sedangkan untuk bumbunya kalian hanya membutuhkan 2 sdm garam, 2 sdm gulu, dan penyedap rasa secukupnya.

Bagi kalian yang ingin masak bayam masaklah secukupnya dengan tingkat kematangan yang sedang dan usahakan jangan sampai ada sisa karena sayur bayam tidak boleh dihangatkan karena mengandung asam nitrat yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

17. Tumis Kacang Panjang + Tempe

Tumis Kacang Panjang + Tempe
sumber gambar: cookpad.com

Tumis kacang panjang adalah menu yang selalu cocok dihidangkan dihari-hari biasa termasuk untuk menu buka puasa praktis dan sederhana. Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran yang tak kenal musim sehingga kapanpun kamu mau pasti kamu akan mendapatkannya dengan harga yang terjangkau pula.

Kamu juga bisa menambahkan bahan tambahan tempe agar lebih nikmat. Bahan yang dibutuhkan yaitu 1 ikat kacang panjang, 1 papan tempe, 2 siung bawang merah, 2 siuang bawang putih, ½ buah tomat dan kecap secukupnya. Cara pembuatannya pun sangat mudah sehingga cocok untuk disajikan sebagai menu buka puasa yang praktis dan sederhana.

18. Karedok

Karedok Menu Buka Puasa Praktis
Sumber Gambar : cookpad.com

Karedok adalah salah satu makanan khas sunda yang sudah terkenal di indonesia. Karedok ini dibuat dari bahan-bahan sayuran mentah dan yang ditambahn oleh bumbu kacang yang membuat karedok semakin nikmat.

Bahan-bahan sayuran yang digunakan untuk membuat karedok antara lain yaitu mentimun, kol, tauge, kacang panjang dan daun kemangi yang membuat karedok memiliki aroma yang semakin menggoda. Kamu cukup mengiris bahan-bahan lalu membuat bumbu kacang yang biasa dibuat seperti pada umumnya.

Setelah bahan-bahan selesai diiris kalian tinggal menambahkan bumbu kacang dan kemudian mengaduknya sampai merata. Selain pembuatannya yang mudah juga tidak memakan waktu, kamu harus coba menu ini agar menu buka puasa kalian tidak membosankan.

19. Semur Jengkol

Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana
sumber gambar:www.cookpad.com

Olahan jengkol yang sering dibuat dan disukai banyak orang adalah semur jengkol. Semur jengkol adalah salah satu makanan khas betawi yang disukai masyarakat umum. Semur jengkol dapat dijadikan sebagai menu buka praktis dan sederhana bagi keluarga kamu tercinta.

Walaupun aromanya kurang enak akan tetapi semur jengkol dipercaya dapat menambah selera makan bagi yang mengonsumsinya. bagaimana tidak? Rasanya yang begitu lezat apalagi jika dimakan dengan nasi hangat.

Manfaat jengkol cukup bagus untuk tubuh, jengkol kaya akan zat besi  dan protein yang dapat membantu pembentukan jaringan pada tubuh. Kamu bisa mencoba membuat semur jengkol untuk menu buka puasa praktis dan sederhana.

20.Urap Sayur

Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana
Sumber Gambar: cookpad.com

Urap adalah masakan khas jawa yang  merupakan hidangan penting untuk pelengkap tumpeng. Urap juga sangat cocok dihidangkan sebagai menu buka puasa yang praktis dan sederhana.

Urap dibuat dari sayur mayur yang dicampur kelapa parut yang sudah dibumbui untuk memberi rasa yang nikmat. Bahan yang diperlukn untuk membuat urap sayur yaitu wortel, kol, toge, dan kelapa yang telah diparut. Bahannya sangat simple dan mudah didapat kan? Kalian juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti kacang panjang, kangkung, dll sesuai selera.

Artikel Lainnya : 7 Aplikasi Resep Masakan Terbaik Untuk Android

Kesimpulan

Dari 20 menu buka puasa praktis dan sederhana tersebut dapat disimpulkan bahwa. Membuat keluarga senang dan lahap makan tidak harus dengan menu mewah dan mahal. Tetapi dapat diciptakan dengan menu yang sederhana namun mempunyai cita rasa yang sangat luar biasa nimatnya.

Itulah 20 Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana untuk ramadhan 2020 ini. Masih banyak lagi menu buka puasa yang praktis dan sederhana mudah untuk dibuat dirumah. maka dari itu temen-temen dapat menambahkan menu buka puasa praktis lainnya dikolom komentar. Ok Terima asih

Tinggalkan komentar