Home » Tips » Ramadhan Sebentar lagi | Inilah 7 Moment yang paling ditunggu saat bulan Ramadhan

Ramadhan Sebentar lagi | Inilah 7 Moment yang paling ditunggu saat bulan Ramadhan

Tak terasa sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci ramadhan. Awal ramadhan tahun ini (1441 H) akan jatuh pada tanggal 23 April 2020. Nah berhubung ramadhan sebentar lagi, dibawah ini beberapa moment yang hanya kita temukan pada saat bulan ramadhan

Moment Saat bulan ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat muslim diseluruh dunia. Dibandingkan dengan bulan lainnya, bulan ramadhan sangat istimewa dan paling ditunggu kedatangannya setiap tahun. ramadhan selalu menghadirkan moment indah yang membuat orang selalu merindukan kedatangan bulan ini.

Inilah 7 moment yang paling ditunggu saat bulan ramadhan

1. Bangunin Orang Sahur

Kegiatan yang hanya kita temukan pada saat bulan ramadhan ini sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Biasanya kalo bangunin sahur, warga akan berkeliling kampung dan membunyikan alat pukul seperti kentongan, rebana, sampe ada juga yang pake orkes melayu.

Sambil berkeliling kampung, warga akan berteriak “Sahuurrr,, sahuurr” dengan diiringi musik yang disebutkan diatas. Waah Seru gak tuh..

2. Ngabuburit

Kita sudah tidak asing lagi dengan kata yang satu ini. yaa,, Ngabuburit. Namun, apakah kalian tahu arti kata ngabuburit?

Ngabuburit berasal dari bahasa sunda, kalo diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti “menunggu”. Menunggu waktu berbuka puasa.

Biasanya menunggu adalah hal yang sangat membosankan. Namun lain halnya ketika bulan ramadhan, moment ini terasa menyenangkan. Karena sambil menunggu waktu berbuka puasa, banyak hal yang bisa kita lakukan seperti jalan-jalan, berkumpul bersama keluarga, teman-teman, hingga berburu menu buka puasa.

3. Masjid jadi ramai karena Shalat Tarawih

Hal ini mungkin terjadi diseluruh daerah manapun di Indonesia. Ketika awal bulan ramadhan, masjid-masjid biasanya dipenuhi oleh jamaah yang akan melaksanakan shalat tarawih.

Minggu pertama hingga minggu kedua harus datang duluan agar kebagian tempat untuk shalat tarawih berjamaah. Selanjutnya diminggu ketiga biasanya mulai sepi deh, tapi itulah moment yang kita temukan pada saat bulan suci ramadhan.

4. Nyalain Petasan

Nyalain petasan bukan hanya kita temukan pada saat tahun baru, tapi juga pada saat bulan ramadhan. Biasanya orang-orang akan nyalain petasan pada malam hari atau ketika selesai shalat tarawih.

5.Rencana buka puasa bersama

Setelah menahan lapar dan dahaga seharian, Moment yang ditunggu saat bulan ramadhan tiba adalah buka puasa. Diantara kalian mungkin ada yang sudah menyusun rencana untuk buka bersama keluarga, teman sekolah, kampus hingga tongkrongan.

Moment buka puasa bersama ialah memiliki tujuan mendekatkan yang jauh dan merapatkan yang dekat. Hal yang sering terjadi ketika menyusun rencana buka puasa bersama, apalagi sama temen sekolah atau kampus jarang terealisasikan hingga keburu lebaran deh dengan alasan kesibukan masing-masing namun, itulah sensasi yang hanya ada pada bulan ramadhan.

6.Makanan khas ramadhan

Dibeberapa daerah terdapat makanan khas yang hanya kita temui pada saat bulan ramadhan salah satunya adalah kolak. Makanan yang satu ini sudah nggak asing lagi bagi warga Indonesia. Biasanya makanan yang satu ini dinikmati sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa.

7. Mudik Ke Kampung Halaman

Pada saat bulan ramadhan akan berakhir orang-orang yang merantau diluar kota akan mudik ke kampung halamannya masing-masing untuk bertemu dengan keluarga tercinta. Biasanya jalan akan ramai dilalui oleh pemudik yang berasal dari berbagai kota dengan kendaraan pribadi hingga angkutan umum.

Artikel Lainnya : 4 Aplikasi Zakat Online Terbaik dan Terpercaya 2020

Akhir Kata

Jadi tidak sabar lagi menyambut bulan suci ramadhan dengan moment-moment yang disebutkan diatas tadi. Apalagi setelah bulan ramadhan yang penuh berkah disambut dengan bulan Syawal yang artinya Hari raya kita, hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Semoga kita diberikan kesehatan panjang umur untuk menyambut Bulan Ramadhan tahun ini.

Tinggalkan komentar